Apa itu TOEFL?

TOEFL (Test of English As Foreign Language) adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke Universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara. Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.

Pada umumnya tes bahasa Inggris TOEFL ini diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk program S-1 maupun S-2 atau S-3. Hasil tes TOEFL ini juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke Universitas di negara lain, termasuk universitas di Eropa dan Australia. Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English. Tes TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test seperti yang ada pada tes IELTS.

Terdapat 4 bagian yang diujikan dalam tes TOEFL atau scoring TOEFL , antaralain :


  1. Listening Comprehension : Pada bagian ini menguji kemampuan peserta tes dalam menyimak pembicaraan atau bahasa lisan yang dilakukan dalam bahasa Inggris. Terdiri dari 50 pertanyaan dan durasi waktu 40 menit.
  2. Structure and Written Expression : Pada bagian ini untuk mengetahui kemampuan gramatical peserta test, termasuk di dalamnya adalah gaya-gaya bahasa tulis dalam bahasa Inggris. Terdiri dari 40 pertanyaan dan durasi waktu 25 menit.
  3. Reading Comprehension : Pada bagian ini untuk mengetahui pemahaman peserta test terhadap teks-teks tertulis dalam bahasa Inggris. Terdiri dari 50 pertanyaan dan durasi waktu 55 menit.
  4. Test of English Written (TWE) : Pada bagian ini dikhususkan untuk mengetahui kemampuan peserta test dalam melakukan tulis-menulis dalam bahasa Inggris dengan topik tertentu. Namun tidak semua test TOEFL mengujikan TWE, bahkan hanya sedikit yang memasukkannya sebagai salah satu materi pengujian. Skor TWE diberikan secara terpisah dari Skor TOEFL secara keseluruhan. Skala penilaiannya berkisar antara 1-6.

Hasil ujian TOEFL untuk nilai minimum adalah 310 dan untuk nilai maksimum adalah 677 pada versi PBT (Paper Based Test). Sejak tahun 1998, tes TOEFL ini diadakan secara online dengan menggunakan komputer (Computer-based Testing/CBT), dan sejak tahun 2005 disebut iBT (Internet-based Test). Di tempat-tempat yang belum bisa melaksanakan CBT atau iBT (karena belum ada fasilitas komputer dan jaringan internetnya), ujian TOEFL ini masih tetap diadakan secara manual (paper-based test atau PBT). Dan hasil ujian TOEFL versi CBT mempunyai nilai berkisar antara 0 sampai 300, sementara nilai untuk iBT adalah dari 0 sampai 120. Informasi lebih lengkap tentang tes CBT dan paper-based TOEFL berkaitan dengan pendaftaran, lokasi penyelenggaraan, biaya, dan bahan-bahan persiapan tes dapat dilihat di situs resmi TOEFL, klik disini.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Toko Buku TOEFL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger